ADS

loading...

Friday, April 5, 2019

APA YANG HARUS DILAKUKAN ROUNDTABLE ON SUSTAINABLE PALM OIL



Perusahaan perkebunan kelapa sawit Indofood merupakan anggota dari sistem sertifikasi industri Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO). Sebagai anggota RSPO, PT PP London Sumatra Indonesia Tbk. (Lonsum) dan PT Salim Ivomas Pratama Tbk. (Salim Ivomas) diwajibkan untuk mematuhi Prinsip dan Kriteria RSPO, termasuk beberapa prinsip yang mengatur tentang hak-hak buruh. Berdasarkan temuan-temuan dalam laporan ini, Lonsum milik Indofood setidaknya melakukan pelanggaran terhadap prinsip-prinsip RSPO berikut ini:

    ·    Principle 2.1 Patuh terhadap hukum dan peraturan yang berlaku ditingkat lokal, nasional dan hukum peraturan internasional yang telah diratifikasi.
    ·    Principle 4.6 Penggunaan pestisida tidak mengancam kesehatan atau lingkungan.
    ·  Principle 4.7 Rencana keselamatan dan kesehatan pekerjaan didokumentasikan, dikomunikasikan secara efektif, dan diimplementasikan.
    ·      Principles 6.5 Gaji dan kondisi untuk pekerja tetap dan pekerja kontrak selalu memenuhi standar minimum legal atau industri dan cukup untuk menyediakan upah hidup layak.
    ·      Principle 6.6 Majikan menghormati hak seluruh pekerja untuk membentuk dan bergabung dengan serikat pekerja yang diinginkan, serta untuk berunding secara kolektif. Apabila hak dan kebebasan untuk berasosiasi dan berunding secara kolektif dibatasi oleh hukum, maka majikan memfasilitasi cara-cara paralel untuk berunding dan berasosiasi secara bebas dan independen untuk seluruh pekerja.
    ·     Principle 6.7 Anak-anak tidak diperkerjakan atau dieksploitasi.
    ·  Principle 6.8 Seluruh bentuk diskriminasi berdasarkan ras, kasta, Kebangsaan, agama, disabilitas, jender, orientasi seksual, keanggotaan serikat, afiliasi politik, atau umur, dilarang.
    ·   Principle 6.13 Pengusaha perkebunan dan pengusaha pabrik minyak sawit menghormati hak asasi manusia.
RSPO harus mewajibkan Lonsum milik Indofood untuk melakukan investigasi secara terbuka terhadap persoalanpersoalan yang diangkat dalam laporan ini dan dengan segera mematuhi Prinsip dan Kriteria RSPO. Jika Indofood gagal untuk melakukan hal tersebut, maka RSPO harus menangguhkan keanggotaan Lonsum dan Salim Ivomas hingga keduanya melakukan langkah-langkah untuk menyelesaikan persoalanpersoalan yang diuraikan dalam laporan ini secara terbuka. RSPO juga harus mempertegas Prinsip dan Kriteria, mekanisme pengaduan, dan prosedur audit agar sesuai dengan Prinsip Buruh yang Adil.
Workers Protest Worker Exploitation On Rspo Certified Plantations At The Body’s Annual Roundtable In 2013 . Photo : Ran

SUMBER BUKU : KLIK DISINI

No comments:

Post a Comment