ADS

loading...

Thursday, June 28, 2018

MITIGASI PERUBAHAN IKLIM


Ancaman utama dari perubahan iklim adalah pertumbuhan populasi manusia, yang diperkirakan sekitar 35 persen antara tahun 2006 hingga 2050. Dalam periode yang sama, FAO memproyeksikan bahwa jumlah peternakan di seluruh dunia akan meningkat dua kali lipat, sehingga emisi GRK terkait peternakan juga akan meningkat kurang lebih dua kali lipat (atau meningkat sedikit lebih kecil bila semua rekomendasi FAO diterapkan sepenuhnya), sementara secara luas diharapkan bahwa GRK dari industri-industri lain akan turun. Hal ini akan menyebabkan jumlah emisi terkait peternakan bahkan lebih tidak dapat diterima dibandingkan tingkat saat ini yang sudah membahayakan. Hal ini juga berarti bahwa strategi yang efektif harus melibatkan penggantian produk peternakan dengan alternatif yang lebih baik, alih-alih hanya mengganti satu produk daging dengan produk daging lainnya yang dianggap lebih rendah jejak karbonnya.

            Teori, keyakinan, dan bahkan kepentingan yang kuat telah dibangun di sekitar gagasan untuk memperlambat perubahan iklim melalui energi terbarukan serta efsiensi energi. Namun setelah perundingan iklim internasional bertahun-tahun dan berbagai usaha praktis, hanya sedikit jumlah energi terbarukan serta efsiensi energi yang sudah dikembangkan (bersama dengan lebih banyak prasarana energi nuklir dan energi fosil). Emisi GRK terus meningkat sejak protokol Kyoto ditandatangani pada tahun 1992 dan menyebabkan perubahan iklim semakin cepat. Betapapun dikehendaki, bahkan kemajuan besar dalam mengganti energi yang tidak terbarukan saja tidak bisa menggantikan peranan penting dari tindakan mengurangi emisi GRK terkait peternakan.
            Tindakan untuk menghilangkan produk peternakan tidak hanya dapat mencapai pengurangan GRK di atmosfer dengan cepat, namun juga bisa membalik krisis pangan dan air yang sedang berlangsung di dunia. Seandainya rekomendasi yang dijabarkan di bawah ini diikuti, setidaknya 25 persen pengurangan produk peternakan di seluruh dunia dapat dicapai antara saat ini hingga tahun 2017, akhir periode komitmen yang akan dibicarakan dalam konferensi iklim PBB di Kopenhagen pada bulan Desember 2009. Hal ini akan menghasilkan paling tidak pengurangan 12,5 persen emisi GRK antropogenik global, yang sudah hampir mencapai pengurangan seperti yang secara umum diharapkan untuk dinegosiasikan di Kopenhagen.
            Karena mendesaknya untuk memperlambat perubahan iklim, kami percaya bahwa merekomendasikan perubahan kepada industri secara langsung akan lebih efektif dibandingkan merekomendasikan pemerintah untuk mengubah kebijakan yang belum tentu bisa menghasikan perubahan pada industri. Hal ini benar meskipun industri dan investor biasanya berhasil jika tanggap terhadap konsumen serta pemegang saham dalam jangka pendek, sementara iklim hanya dipandang sebagai risiko jangka panjang.
Gas rumah kaca yang berkaitan erat dengan peternakan dapat diatur oleh pemerintah dengan mengenakan pajak karbon. (walaupun ada tentangan dari industri peternakan), dengan begitu para pemimpin dalam industri makanan dan para investor akan mencari peluang lain dan pajak karbon dapat membantu mewujudkannya. Kenyataannya, mereka mungkin akan mencari keuntungan dari peluang semacam ini meskipun tidak ada pajak karbon, karena emisi GRK terkait peternakan adalah risiko yang besar bagi industri makanan. Bencana iklim diramalkan akan lebih besar mengancam pasar yang sudah ada, dan akibatnya akan lebih membahayakan pasar yang sedang berkembang, di mana industri makanan diramalkan akan mendapatkan pertumbuhan terbesarnya jika tidak ada bencana tersebut.

SUMBER : www.worldwatch.org/ww/livestock 

No comments:

Post a Comment