ADS

loading...

Wednesday, September 4, 2019

LIMBAH BERBAHAYA



Tiga pendeketan utama untuk mendefinisikan limbah berbahaya yaitu (1) sebuah diskripsi kualitatif pada asalnya, tipe, dan pendukungnya, (2) klasifikasi dengan dasar karaktristik terutama bedasarkanprosedurtes, dan (3) dengan cara konsentrasi zat-zat spesifik yang berbahaya. Limbah digolongkan menurut tipe umum, misalnya”spent halogenated solvents” atau pelarut terhalogenasi atau oleh sumber-sumber industry misalnya “pickingliquor from steel manufacturing”atau mendapat cairan dari industry manufaktur baja.

Berbagai Negara mempunyai definisi yang berbeda tentang limbah yang berbahaya. Misalnya The Federal Republic of GermanyFederal Act tentang Pembangunan Limbah (1972, yang diamandir tahun 1976) menyebutkan limbah khusus adalah khususnya berbahaya bagi kesehatan manusia, udara, air, atau eksplosif, mudah terbakar, atau boleh jadi menyebabkan penyakit. “The Ontario Waste Management Corporation” sebuah biro propinsi yang di bentuk lembaga konstitusi Ontorio, Kanada mendefinisikan limbah khusus adalah cairan industry dan limbah yang berbahaya yang tidak layak disuling dan dibuang pada system penyulingan limbah, pembakaran atau di tanam di daratan yang karenannya memerlukan perlakuan khusus.
Limbah radioaktif adalah sebuah persoalan bagi berbagai negara yang memiliki pembangkitan listrik nuklir atau industry atau senjata nuklir yang signifikan. Di AS, limbah seperti itu diatur di bawah Nuclear Regulatory Commission (NRC) dan depertemen energi/Departemen of Energi (DOE). Problem khusus dihadirkan oleh limbah campuran yang mengandung limbah kimia dan limbah radioaktif. Salah satu contoh baru baru ini tentang sebuah fasilitas yang disulitkan oleh radioaktif dan limbah campuran di AS adalah Rocky Flat di dekat Denver, Colorado, yang digunakan untuk memproduksi senjata nuklir semenjak tahun 1950 an, kompleks ini memperkerjakan 6000 pekerja meliputi 384 are di tengah-tengah 6650 are daerah penyangga/buffer zone, dan mendiami 134 bangunan dengan luas area kira-kira 90.000 m2. Dalam tahun 1957dan 1969, terjadi kebakaran lagi yang menyangkut plutonium. Plutonium menyebar di daratan Rocky Flats, dan terjadi beberapa insiden pelepasan tritium pada sumber mata air minum. Diantara sebagian besar limbah yang harus ditangani di Rocky Flats adalah sebagai berikut:
·         Radionuclides: americium 241, plutonium 238, 239, 241, 242 thorium 232, tritium, uranium 233, 234, 238.
·         Logamberacun: berllium, cadmium, chromium, timbal,air raksa, nikel.
·         Pelaryt: bensin, karbon tetrachloride, chlorofrom,chlorometan, tetracholoroetheylene, 1,1,1-trichloroetane,trichloroethylene.
·         Berbagai campuran berbahaya: benzenedine, 1,3-butadeine, ethylene oxide, propylene oxide,formaldehyde hydrazine, nitric acid.
Problem besar sehubungan dengan limbah radioaktif adalah handford Nuclear Reservation terletakdekat Richland di Negara bagian Washington. Ini adalah lokasi sebuah fasilitas besar untuk memproduksi plutonium yang di peruntukkan bagi senjata nuklir dari tahun 1940-an hingga kira-kira 1990. Proses ekstraksi uranium plutonium (purex) digunakan untuk mengekstraksi plutonium dari bahan bakar reactor nuklir neutron uranium takteradisi. Produksi setiap kg limbah radioaktif tinggi dan kira-kira 200.000 liter limbah nuklir adalah tangki 101-SY yang mengandung 48 kg plutonium didalam 4 juta liter lumpur yang berbahaya. Radioaktif di dalam tangki memanaskan isinya, dan reaksi kimia menghasilkan campuran gas hydrogen dan nitrogen oksida yang mudah meledak. Pada interval kira-kira 90 hari, suatu gelembung-gelembung gas dilepaskan, dan isi tangki mendingin. Selama kejadian ini lapisan kerak di atas limbah naik kira-kira 30 cm. Ini benar-benar situasi yang menarik.
SUMBER BUKU : KLIK DISINI

1 comment:

  1. If you're trying to lose weight then you certainly need to start following this totally brand new personalized keto meal plan.

    To design this keto diet, licenced nutritionists, fitness couches, and professional cooks joined together to develop keto meal plans that are productive, decent, economically-efficient, and fun.

    Since their grand opening in 2019, 100's of individuals have already transformed their body and health with the benefits a great keto meal plan can provide.

    Speaking of benefits; in this link, you'll discover eight scientifically-proven ones offered by the keto meal plan.

    ReplyDelete